Kelimutu Komodo Adventure 6H/5M

Perjalanan wisata ini dimulai di Labuan Bajo dan berakhir di Maumere. Dengan paket ini, Anda bisa melihat danau tiga warna Kelimutu, proses pembuatan kain tenun ikat, pemandangan alam, rumah tradisional, kampong tradisional, pembuatan minuman alcohol “arak”, dan satwa langka biawak raksasa Komodo.

Hari 01: Bali – L. Bajo – P. Rinca – P. Kambing – P. Kalong
Berangkat pagi dari Bali, Anda kami jemput di Bandara L. Bjo, dihantar dengan mobil ke pelabuhan untuk selanjutnya berlayar selama ± 2 jam ke pulau Rinca dengan jarak tempuh ±2 jam. Setelah membeli ticket masuk dan membayar sejumlah komponen bea masuk, Anda akan ber-trakking ria dengan seorang ranger sepanjang ± 5 km pergi dan pulang dengan rute yang berbeda untuk menyaksikan satwa langka biawak Komodo di alam liar habitat aslinya serta binata liar lainnya seperti kerbau, rusa dan babi. Berikutnya Anda kembali ke kapal untuk makan siang dan berlayar ke pulau Kambing untuk snorkeling. Setelah itu, Anda berlayar ke pulau Kalong untuk menyaksikan ribuan kalong pemakan buah beterbangan di atas kepala Anda keluar masuk sarangnya untuk mencari makan.

Hari 02: P. Kalong – P. Komodo – Pantai Merah – Labuan Bajo
Setelah sarapan di kapal, Anda berlayar ke Pulau Komodo dgn jarak tempuh ±2 jam. Setelah menyelesaikan beberapa urusan di kantor TNK di Loh Liang, Anda melakukan trekking selama ± 2,5 jam untuk menyaksikan satwa langka biawak Komodo di alam liar habitat aslinya serta binata liar lainnya seperti kerbau, kuda liar, rusa timor, monyet dan babi hutan. Selanjutnya, Anda berlayar ke Pantai Merah untuk snorkeling, mandi atau rekreasi pantai. Kalau beruntung, Anda dapat menyaksikan beraneka ragam ikan yang berenang bersama Anda di permukaan laut. Setelah makan siang di kapal dan mandi, Anda berlayar kembali ke L. Bajo dgn jarak tempuh ±3 jam untuk menginap dan makan malam di hotel lokal.

Hari 03: Labuan Bajo - Bajawa
Setelah makan pagi di hotel, dengan pemandu kami Anda melakukan perjalanan darat dengan mobil menuju Bajawa, ibutkota kabupaten Ngada. Dalam perjalanan, anda akan mampir di Lembor untuk melihat irigasi terbesar di propinsi NTT, di Cancar untk melihat sawah berbentuk lingkaran laba-laba, di Ruteng (ibukota kabupaten Manggarai Raya) untuk melihat rumah adat orang Manggarai dengan konstruksi bangunannya yang unik dan untuk makan siang di rumah makan setempat. Berikutnya Anda akan singgah di Rana Mese untuk melihat danau pegunungan, di Aimere untuk melihat proses pembuatan minuman alkohol “arak” dari pohon lontar. Selanjutnya Anda menuju Bajawa dgn hawanya yang sejuk. Di sini anda check in, makan malam di sebuah restoran setempat dan bermalam.

Hari 04: Bajawa - Moni
Setelah makan pagi di hotel, Anda melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi kampong adat Bena yang merupakan kampong adat terbesar di Flores dgn adat istiadatnya, batu megalith dan tenun ikatnya. Selanjutnya Anda menuju Nage keo (sebuah kampong tradisional bekas kerajaan) untuk melihat tanduk kerbau raksasa yang diperkirakan hidup 8000 tahun lalu. Setelah itu menuju pantai Nanga Penda untuk melihat batu-batu biru sepanjang pantai sejauh 5 km. Perjalanan dilanjutkan ke kota Ende untuk makan siang di sebuah restoran setempat. Sore harinya dalam perjalanan ke desa Moni, Anda akan mampir untuk melihat pasar sayur dan buah-buahan di desa Ndua Riu. Tiba di Moni langsung check in, makan malam dan menginap di hotel.

Hari 05: Moni – Danau Kelimutu - Maumere
Pagi buta sekitar jam 04.30 – 05.00 Anda berangkat dengan kendaraan menuju puncak Kelimutu (1690 m di atas permukaan laut). Setiba di tempat parkiran, Anda meniti ratusan tangga untuk sampai ke puncak tertinggi. Tiba di puncak, perjuangan Anda akan langsung dibayar tunai oleh pemandangan menakjubkan ketiga danau di tiga kawah berbeda dengan warnanya yang berbeda pula. Jika cuaca bersahabat, Anda bisa menyaksikan sunrise di ufuk timur. Setelah berfoto-ria, Anda turun ke tempat parkiran untuk segera kembali ke kampong Moni untuk makan pagi. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke kampong Jopu untuk melihat tenun ikat dan rumah adat orang Ende Lio. Perjalanan dilanjutkan ke pantai Paga untuk makan siang dan bersantai di pasir putih. Setelah makan siang, berangkat menuju kampong Sikka (cikal bakal nama kabupaten Sikka) untuk melihat kain tenun ikat motif Sikka dan sebuah gereja tua buatan Portugis pada abad 16. Sore harinya menuju Maumere dan check ini di hotel, makan malam dan bermalam.

Hari 06: Maumere - Out
Setelah makan pagi di hotel, Anda dihantar menuju Bandara Frans Seda Maumere untuk terbang ke destinasi Anda selanjutnya.

 


BOOK NOW

Harga Termasuk:
- Transfer di Flores;
- Sewa kapal ke Taman Nasional Komodo;
- Tour sesuai itinerary;
- Semua akomodasi;
- Makanan (sarapan pagi, makan siang, makan malam, air aqua) selama tour;
- Semua bea masuk tempat wisata yang dikunjungi;
- Guide fee (bahasa Inggris/bahasa Indonesia);
- Kopi atau teh selama tour.

Harga Tidak Termasuk:
- Biaya pribadi;
Airport Tax (Pajak Bandara);
- Laundry dan Telpon;
- Tiket pesawat PP Bali – Labuan Bajo;